Laman

Selasa, 10 Juli 2012

Lebih dulu Ayam atau Telur?

Pasti ada dari kalian yang bingung menjawab tentang lebih dulu mana, Ayam atau Telur. Yap, jawabnya adalah Ayam. Kenapa? Atau karena yang di sebutkan Ayam lebih dulu, bukan. Pertanyaan ini bisa di jawab secara Ilmiah.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.


"Apa yang kami temukan adalah 'kecelakaan' yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur."

Menurutnya, selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

"Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia."

Cangkang telur memiliki lapisan yang luar bisa, meski yang kita tahu kalau telur itu beratnya lumayan ringan. Tapi, tidak ada manusia yang dapat menirunya palagi membuatnya dengan alat secanggih apapun. Hebat bukan?

Masalahnya, ilmuan tidak tahu bagaimana cara Ayam memuat canggkang tersebut.

Dengan bantuan komputer canggi dan penelitian selama berminggu-ming, sementara Ayam hanya memerlukan waktu satu malam untuk membuat cangkang tersebut. Ternyata, penelitian ini di lakukan tanpa di sengaja.karena penelitian tentang protein yang memilih telur ayam yang mempunyai protein yang sederhana. Hasil yang luar biasa yang ditemukan.

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah 'tukang bangunan' tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur. Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain. Tanpa protein dalam tubuh ayam tersebut telur ayam nggak mungkin terbentuk. Jadi, harus ada ayam dulu, baru telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar